oleh

Informasi untuk Warga Maros: Covid Test Terdekat

-BERITA, RAGAM-436 views

Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk dapat menangani pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) serta mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

Warga Maros yang Lakukan Perjalanan Antar Daerah Mesti Punya Surat Bebas Covid, Cek Lokasi Tes Terdekat!
Berbagai kebijakan dan imbauan telah dilaksanakan dan disosialisasikan sebagai upaya untuk memutus rantai hidup virus tersebut. Imbauan tersebut, di antaranya social distancing atau larangan berkumpul dan selalu menghindari kerumunan, physical distancing atau menjaga jarak fisik dengan orang lain.

Selain itu, masyarakat dianjurkan untuk sering mencuci tangan, baik menggunakan sabun dan air mengalir maupun dengan hand-sanitizer atau cairan pencuci tangan. Hal ini agar kondisi tangan tetap higienis dan bersih untuk mencegah penyebaran virus.

Hal lain yang dilakukan, yakni penyemprotan cairan desinfektan di rumah, kantor dan fasilitas umum. Serta pengecekan suhu tubuh di sejumlah tampat publik.

Upaya lain yang dilakukan dalam menahan laju penyebaran Covid, yakni dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Upaya ini dilakukan agar masyarakat menghindari berkeliaran di tempat umum untuk mencegah tertular virus.

Imbauan selanjutnya, meminta setiap warga untuk mengenakan masker saat terpaksa beraktivitas di luar rumah.

Namun kebijakan dan imbauan tersebut, ternyata belum cukup. Tes Covid terhadap masyarakat juga gencar dilakukan. Terutama bagi warga yang mendiami atau pernah berkunjung ke wilayah zona merah atau klaster-klaster penularan yang telah ditandai.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros telah melakukan tes Covid berupa pemeriksaan rapid test kepada ratusan PNS.

“Tes Covid ini dilakukan untuk mengetahui kondisi para PNS dan pejabat lingkup Pemkab Maros,” ujar Bupati Maros, HM Hatta Rahman, beberapa waktu lalu.

Bagi mereka yang hasil rapid test positif diminta untuk melakukan isolasi mandiri sambil menunggi dilakukan tes swab. Apabila hasil swab negatif, berati hasil rapid test semu. Namun jika hasil tes swab positif maka dilanjutkan untuk dilakukan isolasi.

Selain PNS Pemkab Maros, tes Covid berupa rapid test juga telah dilakukan kepada personel Polisi Polres Maros dan personel TNI Kodim 1422 Maros.

Bahkan secara massal, rapid tes Covid juga sudah dilaksanakan di pasar-pasar yang menyasar para pedagang, yang dinilai sebagai kelompok masyarakat rentang terhadap penularan virus ini.

Dalam perkembangan selanjutnya, saat pemerintah menyampaikan pemberlakuan new normal atau tatatanan normal baru dalam masa pandemi, tes Covid menjadi syarat perjalanan bagi masyarakat.

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal memberlakukan Surat Keterangan Bebas Covid bagi mereka yang akan masuk dan keluar Kota Makassar, hal itu disampaikan Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin pada Senin 29 Juni lalu.

Diketahui, Kota Makassar merupakan episentrum penyebaran Covid-19 di Sulawesi Selatan, Makassar berbatasan langsung dengan Kabupaten Maros.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan juga sedang menyusun kebijakan penerapan Surat Keterangan Bebas Covid sebagai syarat perlengkapan saat melakukan perjalanan lintas daerah.

“Penerapan surat keterangan bebas Covid bukan hanya diberlakukan di Bandara, namun juga untuk lintas batas darat. Penerapan surat bebas Covid bagi pelintas batas daerah itu untuk percepat pemutusan mata rantai penularan Covid di Sulsel,” ungkap Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, beberapa hari lalu, yang dilansir dari media, Kamis (2/7/2020).

Kebijakan itu tentu saja membuat masyarakat mesti melakukan tes Covid untuk mendapatkan Surat Keterangan Bebas Covid. Tes Covid dimaksud, minimal hasil rapid test.

Surat Keterangan Bebas Covid berdasarkan hasil tes Covid dikeluarkan dengan ketentuan, sebagai berikut:

  • Surat kesehatan dengan hasil rapid test non-reaktif berlaku maksimal 14 hari sejak diterbitkan oleh fasilitas kesehatan
  • Surat kesehatan dengan hasil tes PCR/swab negatif berlaku maksimal 14 hari sejak diterbitkan oleh fasilitas kesehatan

Lantas di mana masyarakat bisa melakukan rapid test uji Covid secara mandiri?

Selain di fasilitas kesehatan terdekat, puskesmas, rumah sakit atau klinik, warga Maros yang ingin tes Covid secara mandiri, saat ini bisa dilakukan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar yang berada di Maros.

Selain itu, layanan tes Covid secara mandiri, juga dapat dilakukan melalui layanan online halodoc.com. Website ini menyajikan layanan Covid test terdekat.

tes covid halodoc.com
Halodoc menyediakan tes Covid pada lokasi terdekat dengan harga yang ditawarkan cukup bervariatif. Halodoc menyedikan berbagai paket test, baik rapid test simpel sampai paket lengkap bahkan sampai Thorax Test.

Sehingga bagi warga yang harus melakukan perjalanan keluar daerah dan mesti melakukan tes Covid untuk mendapatkan Surat Keterangan Bebas Covid, Halodoc jadi solusi. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru