oleh

Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Rp 25 Miliar di Acara Hari Jadi ke-61 Kabupaten Maros

-BERITA, RAGAM-160 views

Pemkab Maros menggelar syukuran Hari Jadi ke-61 Kabupaten Maros di Gedung Serbaguna Pemkab Maros, Sabtu (4/7/2020).

Pemkab Maros
Dalam acara ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menyerahkan bantuan sebesar Rp 25 miliar ke Pemerintah Kabupaten Maros.

Bantuan diserahkan oleh Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah didampingi Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, diserahkan kepada Bupati Maros, HM Hatta Rahman.

Nurdin Abdullah menyampaikan, melalui HUT ke 61 tahun ini, diharapkan Kabupaten Maros menjadi jauh lebih baik. Apalagi dari tahun ke tahun Kabupaten Maros terlihat lebih baik.

“Bantuan ini diharapkan dapat membantu pembangunan di Kabupaten Maros, karena kita ketahui, Pemkab Maros mengeluarkan banyak dana dalam menangani wabah Covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, di awal Hatta Rahman menjabat sebagai bupati, Kabupaten Maros terpuruk, namun perlahan Maros bisa bangkit dan menjadi lebih baik.

“Tak dipungkiri tekad dan keinginan Bupati Maros untuk membangun Maros bisa kita lihat saat ini, termasuk membangun 900 km jalan setiap tahun dan ini juga sudah dirasakan masyarakat Maros,” jelasnya.

Dia berharap, pandemi Covid yang merupakan permasalahan bersama diatasi secara bersama, mulai dari tingkat RT, RW, dusun, desa dan kelurahan harus ikut berperan.

Syukuran Hari Jadi ke-61 Kabupaten Maros ini digelar dengan tema ‘Dengan Semangat Hari Lahir ke 61 Kabupaten Maros, Bersama Kita Wujudkan Maros Sejahtera 2021.”

Pelaksanaan dilakukan dengan cara berbeda, tak ada acara perayaan besar-besaran. Hanya syukuran sederhana dengan membatasi undangan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Tamu yang diundang hanya sekitar 300 orang, sementara kapasitas Gedung Serbaguna Pemkab Maros, bisa menampung maksimal 1500 orang.

Dalam satu meja dibatasi untuk beberapa orang saja. Setiap tamu yang ingin memasuki ruangan terlebih dahulu melalui periksaan suhu tubuh, kemudian diarahkan untuk menggunakan hand sanitizer. Para tamu undangan pun juga dibagikan masker dan face shield.

Syukuran Hari Jadi ke-61 Kabupaten Maros ini sekaligus merupakan momentum introspektif 10 tahun kepemimpinan Bupati Maros, HM Hatta Rahman dan Wakil Bupati Maros, HA Harmil Mattotorang.

Hatta Rahman mengatakan, selama dirinya menakhodai Kabupaten Maros, pelaksanaan program pembangunan telah berjalan pada jalur yang tepat, sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan.

“Sehingga keberhasilannya dapat kita nikmati bersama. Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan untuk diselesaikan,” ujarnya.

Sejak tahun 2012 pemerintah daerah telah melaksanakan penggandaan pengeluaran pemerintah pada komponen belanja modal, yang diarahkan untuk infrastruktur jalan, irigasi, pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan pertanian.

“Kebijakan ini telah menciptakan pertumbuhan ekonomi, yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Selain pendapatan yang terus meningkat, belanja daerah sebagai modal pembangunan juga terus meningkat. Jumlah belanja daerah pada tahun 2010 hanya sebesar Rp 538 miliar, meningkat sebesar Rp 1,5 triliun pada tahun 2019.

Begitu pula dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang pada tahun 2010 hanya Rp 41,86 miliar, menjadi 311,28 miliar pada tahun 2019.

Berbagai prestasi juga mampu diraih oleh Kabupaten Maros, baik di tingkat nasional, maupun di tingkat provinsi, dengan jumlah penghargaan yang diterima sekitar 135.

Syukuran Hari Jadi ke-61 Kabupaten Maros ini juga diisi dengan peresmian beberapa proyek serta penyerahan penghargaan kepada pejabat dan warga Maros yang dinilai berprestasi. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru