oleh

Untuk Diketahui Warga Maros: Harga Maksimal Rapid Test Covid-19 Rp 150 Ribu

Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan telah menetapkan maksimal batasan tarif rapid test antibodi untuk Covid-19.

Covid-19 Maros
Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/2875/2020 yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan.

Dalam surat edaran yang ditandatangi Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr Bambang Wibowo  SpOG(K) MARS tersebut menjelaskan bahwa adanya tarif yang bervariasi saat ini menimbulkan kebingunan di masyarakat.

Sehingga pemerintah, dalam hal ini Kementrian Kesehatan, dirasa perlu untuk menetapkan tarif bagi masyarakat yang ingin melakukan rapid test antibodi.

“Diperlukan peran serta Pemerintah dalam masalah tarif pemeriksaan rapid test antibodi agar masyarakat tidak merasa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan,” sebut surat edaran tersebut.

Surat edaran ini juga dimaksudkan memberi kepastian bagi masyarakat dan pemberi layanan pemeriksaan rapid test antibodi agar tarif yang ada dapat memberikan jaminan bagi masyarakat.

Surat edaran ini juga menginstruksikan fasilitas pelayanan kesehatan untuk mengikuti batasan tarif maksimal rapid test antibodi dengan memperhatikan hal sebagai berikut:

1. Batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan rapid test antibodi adalah Rp 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah)

2. Besaran tarif tertinggi sebagaimana dimaksud pada angka 1 berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan rapid test antibodi atas permintaan sendiri

3. Pemeriksaan rapid test antibodi dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi dan berasal dari fasilitas pelayanan kesehatan

4. Agar fasilitas pelayanan kesehatan atau pihak yang memberikan pelayanan pemeriksaan rapid test antibodi dapat mengikuti batasan tarif tertinggi yang ditetapkan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru