oleh

Tahun Ajaran Baru 13 Juli: Siswa di Maros Tetap Belajar dari Rumah

-BERITA, RAGAM-1.587 views

Dinas Pendidikan Maros pernah mencanangkan akan melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah, tapi hanya dibatasi bagi daerah atau kecamatan yang sudah zona hijau.

Disdik Maros

Namun, hari ini pihak Disdik Maros menjelaskan bahwa hal tersebut tidak jadi dilakukan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) telah resmi mengumumkan proses belajar kembali dibuka pada pekan depan, yakni 13 Juli, namun bagi daerah yang masih zona merah, tetap memakai metode Belajar Dari Rumah (BDR).

“Sebelumnya kami memang sempat mencangkan pembelajaran tatap muka oleh siswa pada tahun ajaran baru, namun dengan adanya SK dari Kemendikbud maka pembelajaran tetap dilakukan di rumah. Karena dalam SK itu diatur yang boleh melakukan pembelajaran tatap muka hanya daerah yang zona hijau. Sementara kita ketahui bersama di Sulsel hanya Toraja Utara yang masih hijau,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Maros, Takdir , Kamis (9/7/2020).

Nantinya akan ada dua sistem pembelajaran yang dilakukan, yaitu Luring (luar jaringan) dan Daring (dalam jaringan).

“Jadi nanti sistem luring itu digunakan untuk kecamatan yang memang akses internet di situ susah, seperti Tompobulu, Mallawa, Cenrana, Camba, Tanralili, Moncongloe dan Simbang,” paparnya.

Sehingga nantinya sekolah yang berada di tujuh kecamatan ini, memberi tugas dan modul kepada siswa melalui orangtua murid.

“Nanti setiap beberapa kali dalam seminggu, orang tua siswa datang mengambil tugas untuk dikerjakan oleh anaknya di rumah,” katanya.

Jumlah sekolah yang ada di Maros saat ini sebanyak 394, terdiri dari 320 Sekolah Dasar (SD) dan 74 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Ada sekitar 60 persen sekolah yang nantinya belajar dengan sistem Luring, karena masalah jaringan internet,” tuturnya.

Dia pun berharap agar pandemi ini bisa segera berlalu, agar aktivitas sekolah bisa kembali normal. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru