oleh

Delapan Rumah Terdampak Kebakaran di Jalan Takwa Maros

Terjadi kebakaran rumah di Jalan Takwa dan Jalan Taufik Maros, Kecamatan Turikale Kabupaten Maros, siang ini, Rabu (15/7/2020). Kebakaran terjadi sekitar pukul 12.36 Wita.

Kebakaran di Jalan Takwa Maros: 2 Jam Padamkan Api 8 Rumah Terbakar
Berdasarkan keterangan warga, api bermula dari tengah rumah semi permanen sekitar pukul 12.36 Wita.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Maros, Lotang mengatakan, berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian tersebut diduga karena arus pendek listrik.

Hal itu diperkuat dengan api pertama kali terlihat di atas rumah warga.

“Kami tidak bisa memastikan secara pasti penyebab utama kebakaran ini, namun kuat dugaan akibat arus pendek listrik. Karena api pertama kali muncul di atap rumah. Api langsung besar di bagian atas rumah,” jelasnya.

Untuk memadamkan api, pemadam kebakaran mengerahkan 6 mobil, terdiri 2 mobil penembak air dan 4 mobil penyuplai air.

Karena api telah membesar, pemadam kebakaran membutuhkan 8 kali bolak-balik untuk mengisi tangki air.

Kencangnya hembusan angin di lokasi kebakaran membuat tim Damkar Maros kesulitan memadamkan api. Bahkan api sempat menjalar ke beberapa rumah warga di sekitar lokasi kebakaran.

“Kami membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk memadamkan api sampai proses pendinginan. Kami cukup kesulitan karena angin cukup kencang dan warga berkerumun di jalan. Sehingga mobil pemadam sempat tertahan saat hendak memasuki lokasi,” ujarnya.

Api yang terus membesar akhirnya menjalar ke tujuh rumah lainnya.

“Ada 8 unit rumah yang terkena dampak dari kebakaran ini, 4 rumah mengalami rusak berat dan 4 lainnya rusak ringan,” ungkapnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa atas kejadian ini, karena warga sekitar cepat menyadari saat api mulai menyala. Total kerugian yang diakibatkan kebakaran ini belum bisa dirinci.

Mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau, Damkan Maros mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dengan kebakaran.

“Apalagi bagi warga yang masih menggunakan tungku api dan yang suka membakar sampah, agar betul-betul menjaga dan memperhatikan. Jangan sampai mereka meninggalkan pekerjaannya sementara api masih menyala. Karena kalau tertiup angin dan mengenai benda yang mudah terbakar tentu akan terjadi kebakaran,” paparnya. (*)

Terjadi kebakaran rumah di Jalan Takwa dan Jalan Taufik Maros, Kecamatan Turikale Kabupaten Maros, siang ini, Rabu…

Dikirim oleh BERITA MAROS pada Selasa, 14 Juli 2020

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru