oleh

Chaidir Syam: Pembuatan Gula Merah di Tompobulu Maros Bisa Jadi Potensi Wisata

-BERITA, RAGAM-33 views

Wakil Ketua DPRD Maros, Chaidir Syam menilai pesta panen di Kecamatan Tompobulu berpotensi menjadi daya tarik baru bagi wisatawan, kegiatan menampilkan tradisi yang sudah langka.

Chaidir Syam Lirik Pengembangan Pariwisata di Tompobulu Maros
Hal itu dia sampaikan saat menyaksikan berbagai prosesi adat tradisonal di Dusun Baru Desa Bontomanurung Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros, Senin 20 Juli lalu.

Tradisi yang ditampilkan dalam pesta panen tersebut, mulai dari dengka ase lolo (pesta panen), allanja (adu betis) dan balianja (adegan menghalau orang jahat yang mengganggu kampung).

“Prosesi ini sudah langka dan hanya dilaksanakan dua tahun sekali. Sehingga harus tetap dilestarikan,” ujarnya, Ahad (26/7/2020).

Menurutnya, tradisi ini memiliki potensi yang baik dalam menarik kunjungan wisata di Maros ke depannya. Karena itu, dia memberi perhatian terhadap pengembangan budaya tersebut.

Selain soal tradisi, bakal calon Bupati Maros ini juga mengunjungi sentra pembuatan gula merah, sebagai potensi usaha perlu dikembangkan untuk perekonomian warga.

“Insya Allah potensi seperti inilah yang akan menjadi perhatian serius kita semua karena sangat berpotensi dalam pengembangan perekonomian masyarakat,” ungkapnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru