oleh

KPU Maros Jamin Hak Pilih Pasien Covid-19

Untuk tetap mengakomodir suara pemilih yang sedang menjalani rawat inap, isolasi mandiri atau positif terinfeksi Covid-19, KPU mengeluarkan PKPU Nomor 6/2020.

KPU Maros
Dalam peraturan tersebut diatur 3 poin untuk memastikan pasien rawat inap dan yang terkonfirmasi positif Covid-19, agar tetap bisa memilih.

“Bagi pasien non-covid yang rawat inap di rumah sakit, bisa menggunakan hak pilihnya di TPS yang berdekatan dengan rumah sakit,” ujar Komisioner KPU Maros Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Syaharuddin Datu, Minggu (2/8/2020).

Pelayanan penggunaan hak pilih bagi pasien, dilaksanakan mulai pukul 12.00-selesai.

“Namun, bagi pemilih yang dipastikan tidak dapat mendatangi TPS untuk memberikan hak pilihnya karena positif Covid-19, KPPS dapat melayani hak pilihnya, dengan mendatangi pemilih tersebut, dengan persetujuan saksi dan Panwaslu kelurahan, desa atau pegawai TPS, dengan mengutamakan kerahasiaan pemilih,” jelasnya.

KPPS yang mendatangi langsung pemilih tersebut akan dilengkapi dengan APD dan memenuhi protokol kesehatan.

“Kami akan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan terus berkordinasi dengan Tim Satgas Covid-19,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan memastikan tidak ada pemilih yang hak pilihnya terbuang karena kondisi pemilih.

“Kami akan pastikan bisa mengakomodir semua kepentingan pemilih, karena hak suara setiap orang itu sama berharganya,” tuturnya.

Sekadar diketahui, pendaftaran pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Maros akan dibuka pada 4 sampai 6 September mendatang. Sementara pemungutan suara Pilkada serentak akan dilakukan pada Rabu 9 Desember 2020. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru