oleh

Gaji 13 untuk 6.450 PNS Maros Cair Pekan Ini

Pembayaran gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Maros segera dilakukan.

Pemkab Maros
Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Maros, Hazjul bersama Bupati Maros, HM Hatta Rahman.

Pemkab Maros telah menyiapkan anggaran gaji ke 13 PNS dan menjadwalkan pencairan akan dilakukan pekan ini.

“Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 27 miliar,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Maros, Samsophyan.

Dia mengatakan bahwa gaji-13 ini tidak ada potongan, para PNS memperoleh gaji full. Sementara untuk jumlah penerima gaji-13 sebanyak 6.450 orang.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan memastikan pencairan gaji ke-13 PNS, TNI, Polri, hingga pensiunan mulai dilakukan pada hari ini, Senin (10/8/2020).

Setelah terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan ke-13 Tahun 2020 kepada PNS, TNI, Polri, Pegawai Non PNS, serta Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Beleid yang diteken pada 7 Agustus 2020 itu menjadi dasar untuk mengajukan permohonan pencairan gaji ke-13.

Beleid itu juga menentukan besaran gaji ke-13 yang bisa dikantongi para abdi negara pada tahun ini.

“Gaji, pensiun, tunjangan, atau penghasilan ketiga belas sebagaimana dimaksud diberikan paling banyak sebesar penghasilan pada bulan Juli. Komponen gaji yang dibayarkan mencakup gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan atau umum,” isi PP tersebut.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah menganggap pelaksanaan gaji ke-13 sama seperti THR, yaitu dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari stimulus ekonomi atau untuk mendukung kemampuan masyarakat dalam melakukan kegiatan sosial dan ekonomi, khususnya terkait tahun ajaran baru, terutama di masa pandemi.

“Sehingga pembayaran gaji ke-13 ini sekarang dilaksanakan sebagai bagian dari stimulus perekonomian kita,” ujarnya beberapa hari lalu.

Sementara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo berharap gaji ke-13 yang yang dicairkan bisa langsung dibelanjakan.

“Saya berharap dengan mendapatkan gaji ke-13 bisa untuk membayar biaya sekolah anak-anak dan dibelanjakan untuk menggerakkan perekonomian di sektor bawah. Dengan demikian, roda perekonomian terus berjalan dan bisa menggerakkan ekonomi nasional,” ucapnya, melalui media. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru