oleh

Resmi, Chaidir Syam Tak Lagi Jabat Wakil Ketua DPRD Maros

-BERITA, RAGAM-171 views

DPRD Kabupaten Maros menggelar sidang paripurna untuk menindaklanjuti surat pengunduran diri Chaidir Syam selaku Wakil Ketua DPRD Maros, Selasa (15/9/2020).

Resmi, Chaidir Syam Tak Lagi Jabat Wakil Ketua DPRD Maros
Pengunduran diri ini dilakukan Chaidir Syam karena menjadi bakal calon Bupati Maros pada Pilkada Maros 2020.

Ketua DPRD Maros, HA Patarai Amir menjelaskan, untuk pimpinan yang ingin mengunduran diri, harus diadakan rapat paripurna.

“Suratnya masuk 3 September dan dalam tatib dijelaskan bahwa tujuh hari setelah dimasukkannya surat pengunduran diri, parpol yang menaungi tidak menyurat ke DPRD, maka wajib hukumnya saya proses. Maka pada 10 September saya sudah mengajukan ke bupati untuk diteruskan ke gubernur, untuk meminta penerbitan pemberhentian,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pihak provinsi menjelaskan, jika hal ini tidak bisa diproses kalau tidak ada keputusan DPRD terkait pemberhentian pimpinannya karena proses pengunduran diri pimpinan harus melalui sidang paripurna.

Sidang harus dihadiri oleh minimal 2/3 anggota DPRD dan disetujui oleh 1/2 yang hadir dan jumlah anggota yang hadir pada sidang ada 27 orang dari 35 anggota DPRD Maros.

Jadi sidang paripurna dikatakan sah, sehingga fungsi Wakil Ketua I DPRD Maros saat ini dipegang sementara oleh Patarai Amir selaku ketua, sampai adanya pengganti.

“Jadi terhitung hari ini, beliau sudah bukan lagi wakil ketua. Jadi nanti saya yang akan mengambil alih sementara, fungsi kordinasi langsung ke bagian alat kelengkapan komisi,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Chaidir Syam yang tidak menghadiri sidang menjelaskan, jika surat pengunduran dirinya sudah ia masukkan sebelum melakukan pendaftaran di KPU Maros.

“Saya sudah mengajukan sejak sehari sebelum pendaftaran di KPU. Jadi ini sisa peresmiannya saja, karena kalau pimpinan harus diadakan sidang paripurna dulu,” jelasnya.

Chaidir Syam berasal dari PAN dan memperoleh 6.322 suara pada Pemilu 2019 lalu. Perolehan suara ini tertinggi di Kabupatan Maros.

Dalam persiapan Pilkada Maros 2020, Chaidir Syam sebagai bakal calon Bupati Maros berpasangan dengan Suhartina Bohari sebagai bakal calon Wakil Bupati Maros. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru