oleh

KAHMI Maros Merefleksi Makna ‘Solusi untuk Bangsa’ Melalui Aksi Peduli

KAHMI atau Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam memperingati Milad ke-54 pada 17 September. Milad tahun ini diperingati dengan tema ‘Solusi untuk Bangsa’.

KAHMI Maros
KAHMI Maros Peduli saat diresmikan sebagai UPZ Baznas Maros pada 22 Juni 2020.

Majelis Daerah (MD) KAHMI Kabupaten Maros ikut berperan membantu pemerintah daerah dalam upaya penanggulangan dampak pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid telah berdampak kepada seluruh sektor kehidupan masyarakat, maka dari itu KAHMI yang berisi kaum intelektual membuat program untuk membantu masyarakat terdampak,” kata Ketua MD KAHMI Maros, M Yunus Tiro, Jumat (18/9/2020).

Ia menyampaikan, beberapa program KAHMI Maros dalam upaya penanggulangan dampak pandemi Covid, di antaranya melalui aksi sosial.

Beragam aksi sosial MD KAHMI Maros di masa pandemi dilaksanakan melalui gerakan ‘KAHMI Maros Peduli’ pada bulan Juni dan Juli lalu.

Di antara yang telah dilaksanakan yakni pembagian ratusan paket makanan kepada warga kurang mampu. Dibagikan ratusan paket bantuan bahan makanan untuk para mahasiswa yang berkuliah Maros yang tidak dapat pulang kampung di tengah wabah Covid-19 ini.

Juga disalurkan paket logistik ke pesantren dan panti asuhan. Bantuan yang disalurkan berasal dari sejumlah pengurus MD KAHMI Maros dan para donatur.

Selanjutnya, KAHMI Maros Peduli diresmikan sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Maros. Sebagai sinergitas dalam pengumpulan zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang selanjutnya disalurkan kepada masyarakat yang berhal menerima.

KAHMI Maros Peduli sebagai UPZ Baznas Maros diharapkan menjadi upaya membantu perekonomian masyarakat melalui ZIS yang dikumpulkan dari donatur sebagai bagian dari pemberdayaan umat.

Hal ini ia sampaikan sebagai refleksi Milad ke-54 KAHMI yang tahun ini diperingati dalam situasi pandemi Covid-19.

Beragam aksi sosial ‘KAHMI Maros Peduli’ tersebut merupakan merefleksi semangat ‘Solusi untuk Bangsa’ sebagai tema Milad ke-54 KAHMI.

Tema ini mengandung banyak pemahaman yang luas, di antaranya bahwa kehadiran alumni KAHMI dan kader HMI yang menyebar di berbagai lembaga pemerintah, baik legislatif maupun eksekutif, berwirausaha pada berbagai bidang usaha, advokat, guru dan lainnya, mesti menjadi solusi atas permasalahan kemasyarakatan.

Sebagai insan akademis yang memiliki pola pikir yang terstruktur dan sistimatis, KAHMI dan HMI yang berlandaskan Pancasila, memiliki peluang besar dalam membangun bangsa dan negara ini.

“Karena dibekali iman, ilmu dan amal untuk membangun bangsa dan negara ini, sesuai bidang aktivitas dan profesi, maka KAHMI dan HMI menjadi solusi bangsa. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru