oleh

Pemkab Maros Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengelola PPID

Pemkab Maros melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelola PPID dan Sosialisasi Aplikasi PPID Kabupaten Maros tahun 2020.


Kegiatan bertempat di Baruga B Kantor Bupati Maros pada Senin 12 Oktober 2020. Dinas Kominfo selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama.

Peserta terdiri dari para petugas pengelola PPID (PPID pembantu) dari perwakilan masing-masing OPD dan Kecamatan lingkup Pemerintah Kabupaten Maros.

Bimtek dibuka oleh Plt Kepala Dinas Kominfo Maros, A Rosman dengan menghadirkan narasumber dari Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan dan dari Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan.

PPID adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan atau pelayanan informasi di badan publik.

PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dengan eksistensi PPID, maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi publik akan lebih cepat, tepat waktu, dengan biaya ringan dan dengan cara sederhana.

Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Layanan Publik Dinas Kominfo Maros, Sumartini selaku ketua panitia kegiatan mengatakan, penyelenggaraan Bimtek ini sebagai bagian dari upaya pengembangan, pembinaan dan peningkatan kompetensi petugas pengelola PPID di Kabupaten Maros.

Dimaksudkan untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, transparan, efektif, efisien dan akuntabel.

“Dengan Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi dan dokumentasi di Kabupaten Maros yang lebih berkualitas dan informatif,” ujarnya, Rabu (14/10/2020). (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru