oleh

Maros Zona Hijau Covid-19: Disdik Usulkan Pembelajaran Tatap Muka

Dinas Pendidikan Kabupaten Maros akan mengusulkan pembelajaran tatap muka. Hal tersebut menyusul setelah Maros dinyatakan masuk zona hijau dalam penyebaran kasus Covid-19.


Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Maros, Takdir mengatakan, pembukaan sekolah dengan proses belajar tatap muka sementara digodok, menyusul ditetapkannya Maros sebagai kawasan zona hijau.

Hanya saja untuk langkah awal ini, tidak semua sekolah diijinkan untuk melakukan proses belajar secara tatap muka. Hanya untuk daerah yang benar-benar nol kasus Covid-19.

“Kami sementara menyusun untuk membuka sekolah yang zero kasus, tapi tidak bisa semua. Itupun masih tahap awal,” ujarnya, Minggu (15/11/2020).

Uji coba yang akan dilakukan dengan membuka beberapa sekolah terlebih dahulu.

“Tapi ini masih harus dibicarakan sama tim gugus. Bisa saja disetujui bisa juga tidak,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa kecamatan yang dianggap bisa membuka pembelajaran tatap muka, seperti Kecamatan Mallawa, Camba dan Cenrana.

“Memang ada beberapa kasus, hanya saja tidak menyebar di semua kecamatan. Makanya kami berfikir untuk membuka sekolah di kecamatan zero,” jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, dr Syarifuddin menambahkan, legalitas pembukaan pembelajaran di Maros berada di tangan bupati.

Meski begitu ia membolehkan untuk membuka sekolah tatap muka, khusus di kecamatan yang zero kasus. Meski sekolah telah dibuka seperti sedia kala, tapi siswa harus memiliki ijin dari orangtua.

Hal itu dibuktikan dengan surat ijin yang ditandatangani oleh orang tua.

“Sebenarnya pembelajaran tatap muka sudah bisa dibuka, tapi siswa tidak bisa dipaksakan, kalau mereka tidak diizinkan untuk belajar di sekolah,” paparnya.

Ia menambahkan, ada dua kecamatan yang sama sekali belum bisa melakukan pembelajaran tatap muka, yakni Kecamatan Turikale dan Kecamatan Mandai, karena jumlah kasus Covid-19 masih cukup tinggi. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru