oleh

Polres Maros dan Kejari Bakal Terapkan Digitalisasi Penyidikan

Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon SIK SH bersama Kepala Kejaksaan Negeri Maros, Joko Budi Darmawan SH MH melaksanakan Rapat Kordinasi Aparat Penegak Hukum (Criminal Justice System) di kantor Kejaksaan Negeri Maros, Kamis (25/3/2021).

Rapat kordinasi tersebut membahas kerjasama Polres Maros dan Kejari Maros dalam digitalisasi penyidikan.

AKBP Musa Tampubolon menyampaikan, digitalisasi penyidikan diwacanakan untuk memangkas jalur birokrasi dan menyederhanakan kordinasi antara Penyidik Polres Maros dengan Jaksa Penuntut Umum saat menangani satu perkara pidana.

“Digitalisasi penyidikan ini diharapkan mampu memangkas jalur birokrasi dan menyederhanakan jalur kordinasi antara Penyidik Polres Maros dengan jaksa penuntut Umum saat menangani satu perkara pidana,” katanya.

Sementara, Joko Budi Darmawan mengatakan, ini merupakan terobosan baru dan mungkin yang pertama di Indonesia.

“Wacana digitalisasi penyidikan ini merupakan terobosan baru, mungkin yang pertama di Indonesia sepanjang pengetahuan saya. Detailnya sementara kita sempurnakan agar tetap mengacu pada KUHAP dan peraturan yang berlaku,” jelasnya.

Rencana Polres Maros dan Kejari Maros untuk digitalisasi penyidikan ini disambut baik oleh Penyidik Polres Maros,.

Kanit Tipikor Polres Maros, Ipda Slamet mengemukakan, digitalisasi penyidikan ini akan memotong jalur birokrasi dan menyederhanakan jalur koordinasi antara Penyidik dan JPU serta tetap mendapatkan pengawasan langsung oleh masing masing pimpinan.

“Saya optimis digitalisasi penyidikan ini akan sangat bermanfaat, ini menjawab tantangan di era 4.0,” ujarnya. (*)

Pemkab Maros     Pemkab Maros     Askab PSSI Maros

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed