oleh

Pengurus Karang Taruna Baju Bodoa Maros Dilantik dalam Kegiatan Adat

Pengurus Karang Taruna Kelurahan Baju Bodoa Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros dilantik di Istana Karaeng Marusu Balla Lompoa Kasssikebo, Sabtu malam, 27 Maret 2021.

Pelantikan disaksikan puluhan raja dan pemerhati budaya dari berbagai daerah Sulawesi Selatan.

Pemangku Adat Kakaraengan Marusu, Drs H Abdul Waris Tajuddin MPd Karaeng Sioja menyampaikan bahwa generasi muda Karang Taruna harus memahami tradisi dan budaya leluhur sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya dan kearifan lokal.

Lurah Baju Bodoa, Rudi SIP selaku pembina utama Karang Taruna Baju Bodoa memandu mengucapkan sumpah pengurus yang diikuti oleh seluruh pengurus dengan serentak.

Pelantikan ini dirangkaikan dalam perayaan tradisi besar Katto Bokko, kegiatan budaya Kakaraengan Marusu, yang secara rutin dilakukan di Balla Lompoa Kassi Kebo.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Maros, Muhammad Agus Bj hadir didampingi Bidang Seni dan Budaya Karang Taruna Maros, Badaraddin Karang Latte dan Ahmad Hatta.

Ia mengatakan, bahwa di antara fungsi Karang Taruna adalah melestarikan dan menjaga budaya dan kearifan lokal, saat ini di era modernitas dan digital kebebasan informasi yang bersumber dari luar negeri memberikan hegemoni budaya luar negeri yang akan mengikis budaya lokal kita.

“Olehnya kami merasa terhormat diberi ruang oleh Karaeng Marusu menyaksikan prosesi budaya Katto Bokko sehingga mendekatkan pahaman terhadap nilai nilai kearifan lokal yang dilakukan leluhur kita dulu. Melesrarikan budaya lokal adalah benteng pertahanan kita dalam menangkal budaya asing,” ujarnya, Senin (29/3/2021).

Sehari sebelumnya, dilakukan penyematan pin Kerajaan Adat Marusu dan pemasangan baju kebesaran kepada Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam SIP MH Petta Tungke oleh Karaeng Sioja. (*)

Pemkab Maros     Pemkab Maros     Askab PSSI Maros

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed