Sepanjang 2023 Ada 287 Kecelakaan di Maros 48 Korban Meninggal Dunia

Berita, Peristiwa440 Dilihat

Sebanyak 287 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan selama tahun 2023. Hal ini disampaikan Kanit Gakkum Polres Maros, Ipda Harfin, Rabu (13/12/2023).

Dari 287 kecelakaan yang terjadi, sebanyak 48 korban dilaporkan meninggal dunia.

“Ada 287 kasus yang terjadi, 48 korban meninggal, 357 luka ringan dan tiga lainnya luka ringan,” imbuhnya.

Kerugian materil akibat kecelakaan Ini mencapai Rp 756 juta.

Ia menuturkan, kecelakaan paling banyak terjadi di Jalan Poros Maros-Pangkep, mulai dari Kecamatan Lau hingga perbatasan Kabupaten Pangkep.

Harfin menambahkan jumlah kecelakaan tahun ini meningkat 36 kasus jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ada peningkatan 36 kasus, tahun 2022 itu hanya 251 kasus kecelakaan,” teranngya.

Meski begitu, jumlah korban yang meninggal dunia tahun 2022 lebih tinggi dibandingkan tahun 2023.

“Yang meninggal 59, luka berat empat dan luka ringan 320 orang,” terangnya.

Tingginya jumlah kasus kecelakaan tersebut dipengaruhi jalan yang rusak. Selain itu, juga akibat human error atau kurang hati-hatinya warga dalam berkendara.

“Salah satu faktor yang mengakibatkan peningkatan kasus karena banyaknya jalan rusak, ada juga yang tidak hati-hati dan kurang disiplin saat berkendara,” tuturnya.

Guna meminimalisir jumlah kasus kecelakaan lalu lintas, dia mengimbau agar masyarakat senantiasa berhati-hati dalam berkendara.

“Jadi kami mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dan menjaga keselamatan saat berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada,” tutupnya.

Salah satu kasus kecelakaan, terjadi beberapa waktu lalu di di Lingkungan Pamelakang Jene, Kelurahan Allepolea, Kecamatan Lau Kabupaten Maros, Selasa (12/12/2023) kemarin.

Insiden ini terjadi sekitar pukul 05.00 Wita. Sebuah truk pengangkut kulit kelapa sawit dengan nomor polisi DD 8489 NR terbalik di jalan.

Kejadian ini terjadi ketika truk yang dikendarai Adi Prayitno (23) warga Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju melaju dari arah Kabupaten Pangkel menuju ke Kabupaten Maros.

Kemudian, saat tiba di lokasi kejadian, truk oleng ke kanan dan menabrak median jalan.

“Mobil lalu terbalik ke kiri,” ujarnya.

Muatan yang diangkut pun kemudian tumpah ruah ke jalan. Beruntungnya tak ada korban jiwa dalam insiden ini. Sopir dan satu penumpang lainnya selamat tanpa luka.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *